Jumat, 04 September 2020

16 Jenis Fitting Dalam Perpipaan atau Plumbing Dengan Gambar dan Kegunaan nya



Ada beberapa jenis fitting pipa yang biasa digunakan pada pekerjaan plumbing. Fitting ini berfungsis menggabungkan beberapa pipa dengan ukuran yang sama atau ukuran berbeda, untuk mengatur aliran atau mengukur aliran. Fitting pipa terbuat dari bahan yang berbeda seperti tembaga, besi, kuningan, PVC, dll.

1. Adaptor

Adaptor berfungsi untuk memperpanjang jalur pipa ke arah depan dengan diameter yang sama atau berbeda. Dengan menggunakan adaptor kita dapat menghubungkan dua pipa yang berbeda dalam proses yang sama. Fungsi adaptor pada umumnya mirip dengan coupling pipa, bedanya adaptor tersebut menghubungkan pipa dari berbagai jenis, salah satunya adalah IPS (Iron Pipe Size). Ini mungkin memiliki IPS perempuan atau laki-laki atau benang di salah satu ujung lawan jenis di ujung lainnya, yang perlu dilas atau disolder ke pipa yang lebih kecil. Adaptor dapat digunakan untuk berbagai utilitas, tetapi biasanya digunakan untuk menghubungkan pipa yang berbeda.

2. Barb



Biasanya barb digunakan untuk menghubungkan selang ke pipa.
Barb memiliki sisi jantan di satu ujung dan di ujung lain memiliki tabung berduri, yang merupakan kerucut bergerigi dan meruncing.
Barb plastik digunakan untuk air dingin atau biasa dan Barb kuningan untuk air panas.

3. Coupling


Ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua sambungan dengan diameter yang sama. Kopling juga dapat digunakan untuk memperbaiki kebocoran tiang atau masalah patah pada pipa. Ada dua jenis kopling yang disebut sebagai kopling kompresi dan kopling selip. Kopling kompresi banyak digunakan untuk menghubungkan dua pipa dan mampu mencegah kebocoran dengan pengaturan gasket atau segel karet di kedua sisi, jika tidak, disediakan lem. Kopling slip memiliki dua buah pipa yang disusun menjadi satu dengan lainnya. Itu dibuat sedemikian rupa sehingga pipa bagian dalam bisa meluncur hingga beberapa panjang. Sehingga kita dapat mengatasi masalah pipa panjang yang rusak dengan slip coupling.

4. Cross-Type



Fitting pipa tipe silang memiliki 4 ventilasi atau bukaan ke 4 arah dan ada yang saling tegak lurus. Jenis fitting ini digunakan bila ada 4 pipa yang bertemu pada satu titik. Jenis fitting pipa ini harus terbuat dari bahan yang kuat dan lebih tahan tekanan. Tekanan ini berasal dari titik di mana keempat pipa terhubung dari arah yang berbeda. Jenis fitting pipa ini banyak digunakan dalam sistem sprinkler.

5. Double Tapped Bushing


Bushing bersadapan ganda adalah salah satu jenis nipple itu sendiri, tetapi berulir baik di dalam maupun di luar. Ini di namai busing double-tapped karena lubang tengahnya berulir (tapped) dari atas dan bawah. dan hanya memiliki ujung perempuan.

6. Elbow



Biasanya digunakan untuk mengubah arah aliran pipa. Elbow tersedia dalam berbagai sudut 22,5º 45 º dan 90 º. Jenis Elbow normal digunakan untuk pipa dengan diameter yang sama dan jenis Elbow peredam digunakan saat pengalihan harus dilakukan untuk pipa dengan diameter berbeda. Mereka terbuat dari bahan yang berbeda. Elbow sebagian besar tersedia dengan ulir Female.

7. Mechanical Sleeve


Selongsong pipa mekanis umumnya digunakan untuk menghubungkan dua pipa dengan sekrup atau perlengkapan lainnya. Pengaturan ini memudahkan perbaikan dan perbaikan. Selongsong mekanis sebagian besar dibuat dari bahan karet yang dimasukkan ke dalam jaket logam (penjepit baja tahan karat). Saat kami mengencangkan klaim lengan mekanik, itu menekan karet di dalam untuk membuat segel yang rapat.

8. Nipple


Nipple adalah perlengkapan pipa paling berguna dalam sistem perpipaan. Nipple tersebut tidak terhubung ke dua pipa, tetapi menghubungkan dua alat kelengkapan pipa menjadi satu. Ini adalah pemasangan pipa kecil yang dapat dibuat dari logam seperti tembaga, kuningan atau baja atau chlorinated polyvinyl chloride (CPVC). Nipple dengan ulir kontinyu, maka itu disebut Nipple tertutup. Nipple tersedia pada Male dan memiliki panjang yang bervariasi.

9. Reducer


Pemasangan yang digunakan untuk membuat area aliran yang lebih besar ke yang lebih kecil disebut Reducer. Reducer memiliki dua jenis, satu adalah Reducer konsentris yang menggabungkan dua pipa pada sumbu yang sama, dan Reducer eksentrik digunakan untuk menggabungkan pipa dengan diameter berbeda. Reducer konsentris sebagian besar memiliki bentuk kerucut sementara Reducer eksentrik terlihat seperti lonceng dengan garis tengah offset. Mereka mencegah gelembung udara di dalam pipa.

10. Tee


Bentuknya seperti huruf "T." memiliki saluran masuk dan keluar. Tee tersedia dalam berbagai ukuran dan dianggap lebih kokoh dari pada cross fitting. Tee ini memiliki tanda arah dan perlu dipasang dengan benar agar sistem dapat beroperasi.

11. Union


Union terlihat mirip dengan kopling, tetapi perbedaannya adalah union mudah dilepas sehingga nyaman untuk pemeliharaan atau penggantian yang direncanakan di masa mendatang. Sifat kopling lebih permanen dan perlu dipotong. Secara umum, ia memiliki tiga bagian: Nut, Male End, dan Female End. Ini terutama digunakan untuk menggabungkan ujung Male dan Female.

12. Valve



Valve digunakan untuk mengatur atau menghentikan aliran ke fluida dalam pipa. Ada berbagai macam jenis valve seperti throttling, non-return, dan isolation. Valve non-return hanya memungkinkan cairan mengalir ke satu arah dan sering ditemukan di saluran pembuangan. Mereka juga disebut Valve periksa.

Valve isolasi merupakan bagian penting dari sistem perpipaan agar sistem dapat diservis atau dirawat. Vale ini memiliki sifat dibiarkan terbuka atau dibiarkan tertutup sepanjang waktu. Namun, mereka kebanyakan digunakan dalam keadaan darurat, mereka harus diperiksa berulang untuk melihat apakah mereka beroperasi.

Valve throttling kemungkinan besar digunakan untuk mengontrol tekanan dan jumlah cairan. Karena katup ini mengalami tekanan pada mekanisme, katup cenderung lebih cepat aus dibandingkan katup lain. Umumnya, jenis katup ini dipasang di dekat katup isolasi.

13. Wye


Fitting pipa tipe Wyes menyerupai huruf “Y”, fitting ini dibuat untuk menyambung tiga pipa.

Fitting Wye memungkinkan pipa untuk mengubah ketinggiannya dan bercabang menjadi saluran atau saluran air tawar.

Perlengkapan Wyes entah bagaimana mirip dengan Tee tetapi pemancingan yang lebih halus mengurangi gesekan dan turbulensi di dalam air. Ini terutama digunakan untuk menghubungkan pipa pembuangan vertikal ke pipa horizontal.

14. Cap



Ini memiliki utilitas yang hampir mirip seperti plug.

Tetapi perbedaan utamanya adalah plug berisi ulir male dan tutup berisi ulir female yang merupakan sekrup pada ulir pipa male.

Mereka dibuat dari berbagai bahan seperti karet, tembaga, baja, plastik, dll.

15. Olet



Fitting pipa jenis olets umumnya digunakan dimana terdapat ukuran fitting standar yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Jika ada pipa Inlet yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan pipa outlet di ruas-t maka digunakan juga Olets. Ada berbagai jenis olet yang tersedia. Beberapa jenis olet yang penting adalah:

  • Butt-Weld olet
  • Soket las Olet
  • Olet berulir
  • Siku olet

16. Plug



Plug adalah salah satu aksesori terpenting dari sistem perpipaan yang umumnya digunakan untuk menutup bukaan pipa selama inspeksi dan perbaikan.

Plug paling banyak memiliki ulir Male.


Ref : https://civiconcepts.com/2020/02/16-plumbing-fittings-types-with-their-application-pictures/


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.